1. Penilaian
formatif
Yaitu penilaian untuk mengetahui
hasil belajar yang dicapai oleh para peserta didik setelah menyelesaikan
program dalam satuan materi poko suatu bidang study tertentu :
a.
Fungsi
Untuk memperbaiki proses
pembelajaran kearah yang lebih baik dan efisien atau memperbaiki satuan atau
rencana pebelajaran.
b.
Tujuan
Untuk mengetahui hingga dimana
penguasaan peserta didik tentang materi yang diajarkan dalam satu rencana atau
satuan pelajaran.
c.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai pada
penailain formatif adalah : hasil kemajuan belajar siswa yang ,meliputi :
pengetahuan, keterampilan, sikap terhadap materi ajar agama yang di sajikan.
2. Penilaian
sumatif
Yaitu penilaian yang dilakukan
terhadap hasil belajar peserta didik yang telah selesai mengikuti pembelajaran
dalam satu semester atau akhir tahun.
a.
Fungsi
Untuk mengetahui angka atau nilai
murid setelah mengikuti program belajar dalam satu semster.
b.
Tujuan
Untuk mengetahui taraf hasil
belajar yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan program pembeljaran
dalam satu semester, akhirtauhn atau akhir program pembelajaran pada suatu unit
pendidikan tertentu.
c.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek yang dinali ialah
kemajuan jhasil belajar meliputi : pengetahuan, keterampilan, sikap dan
penguasaan murid tentang materi pembelajaran yang diberikan.
d.
Waktu
pelaksanaan
Penilain ini dilaksanakan sebelum
peserta didik mengikuti proses pembelajaran permulaan atau peserta didik
tersebut baru akan mengikuti pendidikan disuatu tingkat tertentu.
3. Penilain
penempatan (placement)
Peserta didik untuk kepentingan
penempatan di dalam situasi belajar yang sesuai dengn kondisi peserta didik.
a.
Fungsi
Untuk mengetahui keadaan peserta
didik sepintas lalu termasuk keadaan seluruh pribadinya., peserta didik
tersebut ditempatkan pada posisinya. Umapamanya : peserta didika berbdan kecil
jangan di temaptkan di belakang, tapi sebaiknya di depan agar tidak mengalami
kesulitan dalam PBM.
b.
Tujuan
Untuk menempatkan peserta didik
pada temapatnya yang sebenar-benarnya, berdasarkan bakat, minat, kemampuan,
kesanggupan, serta keadaan diri peserta didik sehingga peserta didik tidak
mengalami hambatan dalam mengikuti pelajaran atau setap program bahan yang
disajikan guru.
c.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai meliputi
keadaan fisik dan psikologi, bakat, kemampuan, pengetahuan, pegalaman
keterampilan, sikap, dan aspek-aspek lain yang dianggap perlu bagi kepentingan
pendidikan peserta didik selanjutnya. Kemungkinan penilaian ini dapat juga
dilakukan setelah peserta didik mengikuti pelajran selama satu semster, satu
tahun sesuai dengan maksud lembaga penidikan yang bersangkutan.
d.
Waktu
pelaksanaan
Penilaian ini sebaiknya
dilaksanakan sebelum peserta didik menduduki kelas tertentu sewaktu penerimaan
murid baru atau setelah naik kelas.
4. Penilaian
Diagnostik
Yaitu penilain yang dilakukan
terhadap hasil penganalisisan tentang keadaan belajar peserta didik baik
merupakan kesulitan atau hambatan yang ditemui dalam proses belajar.
a.
Fungsi
Untuk mengetahui masalah-masalah
yang diderita atau mengganggu peserta didik, sehingga peserta didik mengalami
kesulitan, hambatan, atau gangguan ketika mengikuti program pembelajaran dalam
suatu bidang study. Kesulitan peserta didik tersebut diusahakan pemecahannya.
b.
Tujuan
Untuk membantu kesulitan atau
mengatasi hambatan yang dialami peserta didik waktu mengikuti kegiatan
pembelajaran pada suatu bidang study atau keseluruhan program pembelajaran.
c.
Aspek-aspek
yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai,
termasuk hasil belajar yang diperoleh murid, latar belakang kehidupannya, serta
semua aspek yang berkaitan dengan kegiattan pembelajaran.
d.
Waktu
pelaksanaan
Pelaksanaan tes diagnostik ini, sesuai dengan
keperluan pembinaan dari suatu lembaga pendidikan, dalam rangka meningkatkan
mutu pendidikan para peserta didiknya.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Anas nasution, Pengantar Evalusi Pendidikan, (PT. Grafindo Persada, Jakarta,
2005).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Kalam Mulia : Jakarta, 2002).
M. Chabib Thoha, Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan (PT.
Raja Grafindo : Jakarta, 1990).
Boleh usul,
BalasHapusgimana kalau jenis-jenis penilaiannya diberi contoh agar lebih jelas. terima kasih
Thanks ya gan.. buat ngerjakan tugas ni...
BalasHapuskunjung balik ya http://babujur.com