Jumat, 22 Juni 2012

JENIS-JENIS PENILAIAN DALAM EVALUASI PENDIDIKAN



1.      Penilaian formatif
Yaitu penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh para peserta didik setelah menyelesaikan program dalam satuan materi poko suatu bidang study tertentu :
a.       Fungsi
Untuk memperbaiki proses pembelajaran kearah yang lebih baik dan efisien atau memperbaiki satuan atau rencana pebelajaran.
b.      Tujuan
Untuk mengetahui hingga dimana penguasaan peserta didik tentang materi yang diajarkan dalam satu rencana atau satuan pelajaran.
c.       Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai pada penailain formatif adalah : hasil kemajuan belajar siswa yang ,meliputi : pengetahuan, keterampilan, sikap terhadap materi ajar agama yang di sajikan.
2.      Penilaian sumatif
Yaitu penilaian yang dilakukan terhadap hasil belajar peserta didik yang telah selesai mengikuti pembelajaran dalam satu semester atau akhir tahun.
a.       Fungsi
Untuk mengetahui angka atau nilai murid setelah mengikuti program belajar dalam satu semster.
b.      Tujuan
Untuk mengetahui taraf hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan program pembeljaran dalam satu semester, akhirtauhn atau akhir program pembelajaran pada suatu unit pendidikan tertentu.
c.       Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinali ialah kemajuan jhasil belajar meliputi : pengetahuan, keterampilan, sikap dan penguasaan murid tentang materi pembelajaran yang diberikan.


d.      Waktu pelaksanaan
Penilain ini dilaksanakan sebelum peserta didik mengikuti proses pembelajaran permulaan atau peserta didik tersebut baru akan mengikuti pendidikan disuatu tingkat tertentu.

3.      Penilain penempatan (placement)
Peserta didik untuk kepentingan penempatan di dalam situasi belajar yang sesuai dengn kondisi peserta didik.
a.       Fungsi
Untuk mengetahui keadaan peserta didik sepintas lalu termasuk keadaan seluruh pribadinya., peserta didik tersebut ditempatkan pada posisinya. Umapamanya : peserta didika berbdan kecil jangan di temaptkan di belakang, tapi sebaiknya di depan agar tidak mengalami kesulitan dalam PBM.
b.      Tujuan
Untuk menempatkan peserta didik pada temapatnya yang sebenar-benarnya, berdasarkan bakat, minat, kemampuan, kesanggupan, serta keadaan diri peserta didik sehingga peserta didik tidak mengalami hambatan dalam mengikuti pelajaran atau setap program bahan yang disajikan guru.
c.       Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai meliputi keadaan fisik dan psikologi, bakat, kemampuan, pengetahuan, pegalaman keterampilan, sikap, dan aspek-aspek lain yang dianggap perlu bagi kepentingan pendidikan peserta didik selanjutnya. Kemungkinan penilaian ini dapat juga dilakukan setelah peserta didik mengikuti pelajran selama satu semster, satu tahun sesuai dengan maksud lembaga penidikan yang bersangkutan.
d.      Waktu pelaksanaan
Penilaian ini sebaiknya dilaksanakan sebelum peserta didik menduduki kelas tertentu sewaktu penerimaan murid baru atau setelah naik kelas.
4.      Penilaian Diagnostik
Yaitu penilain yang dilakukan terhadap hasil penganalisisan tentang keadaan belajar peserta didik baik merupakan kesulitan atau hambatan yang ditemui dalam proses belajar.
a.       Fungsi
Untuk mengetahui masalah-masalah yang diderita atau mengganggu peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan, hambatan, atau gangguan ketika mengikuti program pembelajaran dalam suatu bidang study. Kesulitan peserta didik tersebut diusahakan pemecahannya.

b.      Tujuan
Untuk membantu kesulitan atau mengatasi hambatan yang dialami peserta didik waktu mengikuti kegiatan pembelajaran pada suatu bidang study atau keseluruhan program pembelajaran.
c.       Aspek-aspek yang dinilai
Aspek-aspek yang dinilai, termasuk hasil belajar yang diperoleh murid, latar belakang kehidupannya, serta semua aspek yang berkaitan dengan kegiattan pembelajaran.
d.      Waktu pelaksanaan
Pelaksanaan tes diagnostik ini, sesuai dengan keperluan pembinaan dari suatu lembaga pendidikan, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan para peserta didiknya.


DAFTAR PUSTAKA

Anas nasution, Pengantar Evalusi Pendidikan, (PT. Grafindo Persada, Jakarta, 2005).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Kalam Mulia : Jakarta, 2002).
M. Chabib Thoha, Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan (PT. Raja Grafindo : Jakarta, 1990).


2 komentar:

  1. Boleh usul,
    gimana kalau jenis-jenis penilaiannya diberi contoh agar lebih jelas. terima kasih

    BalasHapus
  2. Thanks ya gan.. buat ngerjakan tugas ni...
    kunjung balik ya http://babujur.com

    BalasHapus